Vedroziete theGREATlittle

this blog is miniature of my HEART, the book story of my LIFE.

OSPEK UNY 2012




OSPEK (Orientasi ) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2012 diadakan pada tanggal 6 Agustus 2012 sampai dengan 10 Agustus 2012. Ospek yang diadakan selama lima hari ini terbagi menjadi 3, yakni ospek universitas pada 6-7 Agustus 2012, dilanjutkan ospek fakultas pada 8-9 Agustus 2012, dan ospek jurusan pada 10 Agustus 2012. Ospek UNY ini dikatakan lebih awal daripada universitas-universitas lainnya, yang menyelenggarakan ospek setelah lebaran.

Sebagai Mahasiswa Baru atau yang sering disebut dengan Maba, saya wajib mengikuti serangakaian kegiatan ospek yang telah diagendakan dan mematuhi semua penugasan dari kakak-kakak panitia. Dari segi penugasan tidak ada yang sulit, karena semua tugas sangat wajar.
Seperti air mineral 1.5 liter untuk wudlu, alat ibadah, tas kresek, sleyer (sesuai masing-masing fakultas), alat tulis, cocard (sesuai masing-masing fakultas), koran untuk alas sholat, dan artikel. Penugasan-penugasan di atas dinilai sangatlah wajar, mengingat ospek dilaksanakan pada bulan Ramadhan.

Dalam Ospek UNY 2012 ini saya adalah Maba dari Fakultas Bahasa dan Seni, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. FBS mengadakan technical meeting pada tanggal 4 Agustus 2012, dimana Maba dibagi menjadi 20 gugus. Setiap gugus diberi nama alat musik tradisional dari seluruh daerah di Indonesia, misalnya polo-palo, sasando, kolintang, siter, sampek, angklung, karinding, talempong, dll. FBS terkenal dengan kampus ungu. Pada acara TM jugalah,seluruh Maba FBS dikondisikan dan dikenalkan dengan yel-yel dan jargon dari ‘kampus ungu’. Dimana yel-yel dan jargon akan dinyanyikan dan diteriakan saat ospek universitas di GOR UNY, saat itu pula adu yel-yel antar seluruh fakultas di UNY, mulai dari FBS, FIP, FIK, FE, FIS, FMIPA dan FT.

Ospek Universitas hari pertama. Ospek dilaksanakan di GOR UNY, mulai pukul 07.30 sampai 16.00. Pada saat itu, Maba FBS diharuskan berkumpul di C13 pada pukul 05.00 dan selambat-lambatnya 10 menit sebelum jam 05.00, jika tidak maka Maba harus siap berhadapan dengan kakak SPK (pada intinya SPK  itu para penegak kedisplinan, dengan berpakaian serba hitam dan yang terpenting  memasang wajah sangar). Okay, berangkat ke GOR! Sesampai di GOR sudah ada teman-teman dari FIK, yups mereka menunjukkan kesportifan mereka dengan menyanyikan yel-yel sambutan untuk anak FBS. Setelah GOR sudah dipenuhi dari semua fakultas, kini giliran FBS pamer yel-yel sepuas-puasnya sebelum dilarang bernyanyi, karena eh karena setelah ini nanti dilanjutkan upacara pembukaan yang pasti formal dan penuh ketenangan. FBS siap?!!para kakak pemandu sangat bersemangat, apalagi yang namanya Kak Delta,,,,wuihhh..biar orangnya kurus..tapi semangatnya membahana, dan yang pastinya orangnya gokil abis!!bikin kita yang tadinya ngantuk jadi ilang(ngantuknya)!

yang pertama “Tepuk FBS”
prok...prokprokprok..prokprokprokprok…prokprok
HOI!
prok...prokprokprok..prokprokprokprok…prokprok
HOI!
prok...prokprokprok..prokprokprokprok…prokprok
HOI!
prokprokprok….F!
prokprokprok….B!
prokprokprok….S!
prokprokprok….FBS!
Bersatu dalam karya beragam dalam keluarga, RAHAYU!!

”Aku Cinta FBS”
Aku cinta FBS hingga tetes terakhir
Aku cinta FBS hingga tetes terakhir
bersatu dalam karya beragam dalam keluarga
aku cinta FBS hingga tetes terakhir..
kampus ungu, kampus FBS!
Rahayu!

(Sinchan)
Seluruh Maba di Universitas Negeri Yogyakarta
Oh. Senangnya semua bersaudara
Di kampus kita ada 7fakultas
goyang sitik JOSS!
FMIPA, FIP, FIK, juga FE
Tak lupa pula FIS, FT dan yang pastinya FBS
Yo..kita semua bersama-sama bergembira…IYA!

(AXIS- Bad Romance)
Hap..hap..hap..hap.
tangkap..tangkap.
hooo.hooo.hooo..3x
rawr…raw..Rahayu..2x
FBS rahayu…
aw..aw..aw..yeachh!

(Dangdut)
FBS…..wooi
kok loyo sih??
tretetetetetreret…3x
ospek tanpa kita
bagai taman tak berbunga
hai..begitulah kata para pujangga 2x
FBS JOS!!kipasan seek!

(Goyang Putar)
goyang kiri .prok3x….goyang kanan..prok3x
putar ke kiri ,,putar ke kanan
goyang kanan..prok3x…goyang kiri..prok3x
putar ke kanan putar ke kiri
FBS makin asyiik aja..

huuuh..capek nian puasa puasa berteriak dan bergoyang, tapi serunya tak tergantikan! Sayangnya  teman yang berada di sebelah saya dari pagi pun mereka sudah loyo duluan…huft..hari gini masih jaim!!wookee..sudah puas dengan adu yel-yel antar fakultas tiba saatnya untuk opening ceremony, hadirin dimohon khidmat!

Diawali dengan masuknya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ke dalam GOR yang diiringi oleh para penari dari UKM Kamasetra, beserta Rektor dan sejumlah Dekan yang berbaris rapi dibelakang Bapak Menteri, tak ketinggalan juga jajaran panitia OSPEK. Setelah bapak Menteri, Rektor serta jajarannya duduk ditempat yang telah ditentukan, dilanjutkan penampilan Kamasetra yang menyajikan tari gambyong sebagai pembuka acara. Acara berlanjut dengan laporan Wakil Rektor I, kemudian sambutan Rektor UNY, usai sambutan dilanjutkan pelantikan Maba UNY dengan pemakian jas almamater oleh Rektor dan Mendikbud kepada Maba tiap-tiap fakultas,hal ini sebagai simbol telah ditetapkannya sebagai Mahasiswa UNY. Pemukulan gong pun melengkapai pembukaan OSPEK UNY 2012.Setelah resmi dibuka alunan merdu suara Kak. Fidaz dalam membawakan Himne dan Mars UNY pun menghiasi GOR pagi itu. Suasana yang mendayu-dayu pun berubah menjadi tenang. Tampak seluruh hadirin antusias ketika Bapak Muhammad Nuh memberikan sambutan dan orasi ilmiah. “Saya harap UNY sebagai motor teladan Pendidikan, dimana Pendidikan adalah cara terbaik dalam memberantas kemiskinan” selain itu beliau juga mengatakan dalam orasinya “Tanamkan Kejujuran, karena Kejujuran adalah Kunci pendidikan berkarakter”. Usai sambutan dari Mendikbud, GOR kembali bergema seiring lantunan lagu “Kasih Putih” yang dibawakan oleh Kak Riosa, urusan vokal jangan ditanya kualitasnya secara Kak Riosa itu anak FBS yang menyabet juara II Peksiminas 2012, tepatnya Juli lalu. Terus, Loe harus bilang WOW gitu!!haha..Lanjut penampilan dari Violet Orchestra dan diakhiri dengan Do’a. Bapak Mendikbud, Rektor dan jajarannya pun meninggalkan GOR. Ternyata nggak sedikit wartawan yang menunggu Bapak Menteri untuk Press Conference setelah acara selesai.

OSPEK telah resmi dibuka, dan MCR yang terdiri dari 3 orang pun mengisi acara dengan suara yang dahsyat dan menggelegar! Suarakan, SAYA BANGGA MENJADI MAHASISWA UNY YANG BERTAQWA, MANDIRI, DAN CENDIKIA! Sebelum menuju ke acara selanjutnya, diberikan istirahat selama kurang lebih 1 jam untuk Sholat Dhuhur dan makan siang untuk yang tidak puasa. Begitu isturahat dirasa cukup dan semua Maba sudah terkondisikan, acara pun dilanjutkan kembali. Agenda acara selanjutnya adalah display ormawa. Intinya adalah penampilan dari seluruh Ormawa di UNY yang numplek jadi satu di GOR, dan orasi yang diwakili ketua BEM dari tiap-tiap fakultas.
usai sudah ospek hari pertama, sebelum pulang kumpul lagi di C.13 untuk pembagian bekal makanan, baru sebentar dibubarkan beberapa menit kemudian adzan maghrib pun berkumandang. Masih ada 4 hari lagi. Semangat!